Tuesday, August 20, 2019

Yuk Be Sustainable Be Fashionable with SoKlin White & Bright


Berapa kali dalam sebulan beli baju? Eitsssss.... jangan ditanya ya. Beli baju mah rasanya kek beli kacang ya. Apalagi dunia fashion setiap hari selalu ada model baru yang hits dan rasanya gak gaul kalau gak kebeli tu baju eaaaaa.. Siapa yang kayak gitu? Hahhaa gak papa kok wajar saja.

Tapi sekarang coba kita hela nafas sejenak dan mulai merewind kebelakang. Berapa baju pula menumpuk di almari. Hanya karena kekecilan, modelnya yang sudah gak hits kita sudah enggan memakainya lagi. Padahal masih bisa dipakai dan berfungsi dengan baik. 


Nah, 16 Agustus 2019 lalu, aku ikutan talk show Be Sustainable, Be Fashionable by So Klin”dalam rangkaian kegiatan Jakarta Fashion & Food Festival 2019 di Mall Kelapa Gading 3. Acara yang di inisiasi oleh SoKlin menggandeng sekolah mode ESMOD Jakarta dan komunitas sosial Sadari Sedari untuk menyerukan kampanye sustainable fashion .


Pada acara talkshow tersebut aku banyak banget dan wawasan dan ilmu soal merawat pakaian agar tetap bisa dikenakan dan memanfaatkan pakaian yang sudah tidak terpakai menjadi baru lagi.  Diantaranya adalah


Menyulap Pakaian Lama Menjadi Fashionable
Dalam acara ini hadir Desainer tekenal Patrice Desilles, Academic Program Head ESMOD Jakarta. Beliau mengajarkan bahwa untuk tampil modis fashionable gak harus menggunakan bahan baru atau baju baru. Kita bisa menyulap baju-baju yang lama tak terpakai menjad sesuatu yang istimewa. 




Coba deh liat model-model diatas. Siapa sangka, baju baju yang dikenakannya adalah hasil dari remake baju baju bekas atau baju tak terpakai. Yang paling kiri ini terbuat dari baju kerja yang modelnya sudah gak hits lagi dan roknya terbuat dari kulot lama yang dimodifikasi. Cantik kan?

Lalu yang tengah, amazing siapa sangka itu terbuat dari 34 jaket yang tak laku bertahun tahun dari sebuah toko baju. Lihat bisa jadi gaun yang cantik banget bukan? Dan yang paling kanan, siapa sangka bajunya yang terlihat gaul abiz itu adalah terbuat dari celana jeans bekas hahahahah. Bisa ya celana jadi baju hehehe. Itulah orang kalau kreatif.


Merawat Pakaian 

Perawatan pakaian merupakan salah satu kunci keberhasilan sustainable fashion. Selain berkreasi untuk tetap dapat menggunakan kembali pakaian yang ada, kita dapat mengurangi sampah pakaian dengan menjaga warna dan tekstur pakaian tetap baik. So Klin White & Bright yang memiliki teknologi Optical Brightener akan menjadi solusi perawatan pakaian rumah tangga

Gak cuma bagaimana menyulap pakaian lama menjadi baru tapi juga bagaimana merawat pakaian agar terus terlihat cantik sehingga bisa digunakan terus. Yups! Karena Sustainable fashion merupakan bagian dari gaya hidup saat ini. 

Udah mulai banyak desainer yang mulai menggunakan bahan ramah lingkungan, teknik pewarnaan alami, dan yang tidak kalah penting yaitu menempatkan label tata cara perawatan kain. 

Seperti di sekolah ESMOD juga lebih memilih untuk menggunakan serat kain tencel yang berasal dari kayu, sehingga ketika pakaian tersebut sudah tidak dipakai lagi, dapat dengan mudah terurai ke alam. Metode ini juga kami terapkan kepada para siswa melalui kurikulum di sekolah. 

Kita sebagai konsumen harus punya pengetahuan tentang bagaimana merawat pakaian mereka agar dapat bertahan lama, misalnya perawatan dengan deterjen yang tepat seperti kampanye So Klin White & Bright agar warna tetap cemerlang dan menonjol.




Oya! Pada gelaran Jakarta Food & Fashion Festival tahun ini, So Klin dan ESMOD Jakarta juga mengadakan workshop mengolah pakaian bekas menjadi layak pakai kembali lho. Selain itu, ESMOD Jakarta juga mengajarkan beberapa tips untuk melakukan mix and match pakaian agar kita tetap dapat tampil modis tanpa selalu membeli baju baru. 
Tujuannya biar apa? biar masyarakat Indonesia menjadi lebih peka dan peduli terhadap lingkungan sekaligus juga dapat meningkatkan sisi kreativitas individu.

Merawat dengan So Klin White & Bright Solusinya!
Salah satu cara terbaik merawat baju adalah dengan memperhatikan cara melipatnya. menyimpat di tempat yang kering dan tidak lembab. Menjemur ditempat yang tidak terpapar langsung matahari terlalu lama, karena akan membuat pakaian cepat pudar warnanya dan serat kainnya rusak.
Oya, cara mencuci juga sangat penting. Dengan So Klin White & Bright yang berteknologi OPTICAL BRIGHTENER yang menggabungkan deterjen dengan formula khusus yang tidak hanya secara ampuh menghilangkan noda berat, namun juga sekaligus mempertahankan keaslian warna sehingga tidak cepat pudar, bahkan membuat pakaian terlihat lebih cerah setelah pencucian berulang kali.
Gak cuma itu dengan So Klin White & Bright, pakaian lama akan tetap bersih dan tampak selalu baru. Karena So Klin White & Bright menjaga warna agar tetap cemerlang seperti baru walaupun sudah dicuci berulang kali. Selain itu, So Klin White & Bright juga membantu meningkatkan efisiensi waktu para Ibu di rumah agar tidak perlu repot dalam memilah warna baju ketika mencuci.
Hahha so klin tau banget ya kalau ibu rumah tangga itu kerjaannya gak cuma nyuci baju jadi waktu buat milihin baju aja berharga banget lho, kalau kita bisa skip kita bisa lakukan banyak hal lainnya. 

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang