Thursday, November 7, 2019

Zona Ceria GERMAS di SDN Rawa Barat 05


Sudah gak asing kan dengan istilh GERMAS? Yups GERMAS adalah gerakan masyarakat hidup sehat. Sekarang tak bisa dipungkiri dunia berkembang pesat. Begitu pula dunia kuliner. Bisnis kuliner makin meningkat, kegemaran makan juga bukan hanya sekedar mengisi perut. 

Berbagai inovasi makanan olahan, makanan instan yang banyak menarik perhatian, enak lezat dan yang terlebih adalah harganya murah terjangkau. Membuat banyak orang lupa diri dan lepas kontrol akan apa yang ia makan.

Makanya kini makin banyak penyakit-penyakit seperti Diabetes dan lain-lain muncul pada anak-anak atau anak muda. Hal ini dikarenakan apa yang selama ini dikonsusmsi. 

Untuk itu muncullah GERMAS ini, untuk berama sama kembali mengingatkan dan memunculkan semangat hidup sehat. Dan hidup sehat itu dimulai dari keluarga yang paling kecil. 


Zona GERMAS SDN Rawa 05

Nah beberapa waktu lalu Germas menyambangi SDN Rawa Barat 05 dengan berbagai kegiatan seru diantaranya adalah 

  • Pentas Seni
  • Lomba Mewarnai
  • Story Telling dan Magician
  • Lomba Kreasi Sarapan Sehat
  • Seminar Parenting
Gak cuma anak anak yang seseruan disini. Tapi juga orangtua murid ikut lomba membuat kreasi sarapan yang sehat serta turut mengikuti seminar parenting. 

Penyebab Munculnya Penyakit Usia Dini
Pernah dengar gak masih anak-anak sudah diabetes? Nah itu bisa jadi disebabkan karena makanyna atau minuman yang dikonsumsinya. Sadar atau tidak disekeliling kita itu banyak sekali makanan ultra proses.

Makanan ultra proses itu makanan yang diolah. Misalkan bayam jadi kripik bayam. Beras jadi tepung beras dan dari tepung beras diolah lagi jadi makanan. Yang itu-gitu deh. Nah ternyata itu sangat tidak baik lho. Pisang jadi pisang nugget goreng. 

Jauh lebih baik jika makanan itu dimakan mendekati bentuk aslinya. Misalkan bayam lebih baik dikonsumsi dengan cara disayur, dari pada di jadikan kripik batam dengan minyak. Pisang juauh lebih baik dimakan buah pisang dari pada dibikin pisang nungget digoreng di taburin mese keju susu.

Kenapa hindari makanan ultra proses? Karena ini adalah pencetus obesitas dan pencetus gangguan gizi pada anak tumbuh kembang. Bisa jadi pencetus penyakit tian menular seperti diabetes, hipertensi, sindroma metabolik.

Memang makanan ultra proses begitulah menggiurkan, karena harganya ekonomis, menarik perhatian, dianggap penyokong perekonomian dan industri. Dan sasarannya adalah orang kayak kita-kita, eh kayak aku ding maksudnya, masyarakat menengah kebawah.

Solusi Makanan Sehat Nikmat.

Coba deh mulai mengganti apa yang digoreng dengan dibakar atau direbus. Misal ayam bakar tau ayam dimasak kuah seperti sop, Garang asem dan lain lain. Kalau dibakar carny juga jangan dibakar langsung. Dibumbuin di bungkus daun pisang baru dibakar, jadi nanti yang gosong daun pisangnya bukan ayamnya. Karena gosong juga ga baik.

Bagaimana menyajikan makanan sehat dirumah?








 

0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang