Wednesday, December 25, 2019

Tour ke Kantor Qlue dan Melihat Pertumbuhan Bisnis Qlue Selama 2019


Namanya juga kantor pusat teknologi yah, Qlue Perusahaan ekosistem smart city terlengkap di Indonesia ini canggih banget gaes. Begitu kita datang kita mengisi daftar hadir dan setor muka ke kamera. Jadi di scan tu muka kita tampak kanan kiri atas bawah lengkap dengan nama dan info kita. 

Lalu kita dipersilahkan masuk melalui jalan samping yang adem banget karena kanan kiri ada pohonnya. Eh pas kita melintasi jalan itu, langsung ada suara. "Selamat Datang Farichatul Jannah" eaaaaaaaa... ternyata diatasnya ada semacam kamera cctv yang yang mendeteksi kedatangan kita. Huiiiii... canggih kaaaaaan. 

Begitu juga saat di halaman kantor Qlue, tempat dimana kita kumpul-kumpul ngobrol dan makan, terdapat pula layar LED face regocnition. Jadi siapapun yang lewat depan layar itu yang wajahnya terdeteksi akan keluar namanya. Hihihi keren yah

Aku juga sempat selfie disini. 



Jadi, kita blogger dan media tu meet up gitu gaes ceritanya sama Mas Rama Founder dan CEO Qlue. Mas Rama mengungkapkan rasa syukur yang besar karena di penghujung tahun 2019 ini Qlue telah banyak meraih prestasi yang sangat membanggakan. 

Beberapa Prestasinya adalah Startup of the Year 2019, Qlue juga meraih penghargaan The 7th World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab. penghargaan diantaranya Best M-Government Service Awards di The World Government Summit 2019, The Innovator Awards 2019 dari Majalah Forbes Indonesia. Dan masih banyak lagi prestasi membanggakan yang di raih Qlue. 

Mas Rama juga bilang kalau Qlue mencatat pertumbuhan bisnis yang luar biasa dengan meningkatnya pendapatan perusahaan di atas 50% dengan jumlah klien yang meningkat 89% menjadi 85 klien yang terdiri dari instansi pemerintah dan swasta. Pencapaian ini hasil dari setiap QlueWarga yang telah bekerja dengan sepenuh hati dan terus berinovasi sehingga membawa dampak luar biasa di 2019 ini.

Bahkan Qlue juga sudah banyak membantu pemerintah menyelesaikan berbagai masalah sosial dengan melibatkan partisipasi aktif warga. Di awal tahun 2019 aja, peningkatan laporan warga DKI sebesar 17,3%. Tingkat penyelesaian laporan pun mencapai 91%. Luar biasa.



Pada kesempatan meetup kali ini Mas Andre Hutagalung sebagai Co-Founder dan Chief Technology Officer Qlue, juga bilang kalau saat ini pengguna aplikasi Qlue telah mencapai lebih dari 750 ribu orang di seluruh Indonesia.

Qlue sudah melayani di lebih dari 40 provinsi, kota dan kabupaten. Sepanjang 2019 Qlue telah membawa dampak positif di lebih dari 30 kota dan kabupaten baru, antara lain Minahasa, Tarakan, Kupang dan 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Belitung.

Solusi CCTV & Video Analytics QlueVision juga telah digunakan oleh tiga Balai Besar Jalan Nasional untuk mendapatkan analisis mengenai jumlah kendaraan yang melewati ruas jalan nasional di Banten, Mataram, dan Papua. Analisis tersebut digunakan oleh Kementerian PUPR untuk menganggarkan perbaikan jalan secara akurat. 

Adapula teknologi canggih yang diciptakan Qlue untuk polisi. Yaitu pengembangan aplikasi Polisiku dan command center yang telah diterapkan di 22 Polda dan 5 Polres di seluruh Indonesia dan digunakan di lebih dari 86 ribu personel polisi.

Implementasi command center dan aplikasi Polisiku di 34 Polda dan seluruh Polres di Indonesia ditargetkan akan selesai pada pertengahan 2020 sehingga seluruh personel polisi dapat melakukan koordinasi dengan baik antara petugas di lapangan dengan command center.

Nah target memasuki tahun 2010 ini Qlue akan terus mengembangkan solusi smart city yang berfokus pada smart mobility, smart security, dan smart environment. Saat ini Qlue telah memiliki QlueApp, yaitu aplikasi pelaporan warga, QlueWork, yaitu aplikasi untuk meningkatkan koordinasi antar instansi yang efektif, QlueVision, yaitu CCTV integration and analysis berbasiskan kecerdasan buatan, QlueDashboard sebagai platform visualisasi data, dan QlueSense, solusi smart city berbasiskan IoT.

Dari 85 klien Qlue saat ini, terdiri dari instansi pemerintah sebesar 55% dan swasta sebesar 45%. Tahun 2020, Qlue fokus untuk terus melakukan ekspansi di sektor swasta, dengan meningkatkan target 60% dari sektor swasta dan 40% dari instansi pemerintah. Qlue menargetkan akan melakukan implementasi di lebih dari 100 kota di Indonesia, dan di lima kota di Asia dan Eropa.



Wah main ke kantor Qlue bener-bener asyik deh pokoknya. Tempat kerjanya canggih, nyaman dan orang-orangnya pun smart-smart. lokasi kerjanyanya pun di desain senyaman mungkin. Ada kolam renangnya, eh ada pohon-pohon rambutan juga, jadi bisa metik buah langsung hehhee. 

Di dinding-dinding kantor Qlue kita juga bisa melihat prestasi-prestasi yang sudah di raih Qle, berita dan berbagai info Qlue. Makasih Qlue sudah ajak kita jalan-jalan dan mengenal Qlue lebih dalam. 






0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang