Tuesday, August 9, 2022

Caraku Mencintaimu, Bumi

Memang sih, hal hal yang akan aku ceritakan tentang bagaimana aku mencintai, peduli dan upaya aku menjaga bumi, mungkin adalah hal hal sepele. Tapi taukah kamu, hal-hal sepele yang akan aku ceritakan ini, kalau kita semua manusia di muka bumi ini bersama sama melakukannya dan menjaga bumi. Maka dampaknya akan sangat luar biasa. 

Tau gak sih, Bumi kita tercinta tempat kita tinggal ini sudah sangat panas. Makanya jangan heran kalau di wilayah tertentu di dunia mengalami banyak perubahan ekstrim. Mulai dari mencairnya gunung es yang semakin bertambah kian tahun.

Trus gimana cara gue mencintai dan peduli dengan Bumi?


Satu: Lakukan Berbagai Hal Supaya Bumi Gak Makin Panas.

Naik transport umum. Aku selalu berusaha menggunakan transportasi umum jika jarak dekat ataupun jauh. Manfaatnya untuk bumi adalah mengurangi peningkatan karbon dioksida dan karbon monoksida di atmosfer. Sehingga bumi lebih adem.

Dalam sehari hari aku juga lebih suka membuka jendela merasakan udara masuk dari pada menggunakan pendingin udara atau AC. Karena kalau kita mau peduli dengan bumi, AC ini menimbulkan bahaya pemanasan global dan penipisan lapisan ozon lho gaes. 

Mematikan elektronik saat tidak digunakan ternyata juga sangat bermanfaat bagi bumi lho. Iya gaes aku tauu, kita semua mampu bayar listriknya, tapi kalau kita hemat tidak hanya kantong kita yang hemat tapi bumi juga bisa lebih sehat. Maka selalu mematikan listrik saat tidak digunakan, menggunakan pencahayaan matahari di siang hari untuk ruangan juga sangat aku lakukan tiap hari. 

Mandi menggunakan bathup, shower mungkin terasa mewah, tapi hal ini sangatlah pemborosan air dan banyaknya air sisa yang kita pakai mengandung bahan kimia sabun yang bahaya untuk bumi karena jadi tidak subur dan sulit ditanamin. 

Maka demi cintaku pada bumi, aku selalu mandi pakai gayung, hemat air demi ketersediaan air tahah tetap terjaga. Coba deh kalau apa yang aku lakukan ini kalian juga lakukan.





Kalau buminya adem, kita sebagai penghuni bumi juga akan nyaman, segar dan sehat.


Kedua: Reuse dan Reduce dan Recyle.

Ini sih, harus niat banget untuk melakukannya, mengingat gaya konsumtif anak muda jaman now, yang apa apa asal kemasannya cakep, keren, viral, beli. Padahal sampah yang dihasilkan bahaya banget buat bumi.

Sejujurnya aku masih belum bisa sepenuhnya melakukan, tapi satu yang pasti yang aku bisa lakukan dalam sehari hari adalah, selalu membawa tumbler saat bepergian, kalau kalau pengen beli minuman kekinian, jd langsung taruh tumbler.

Dan yang sudah bertahun, tahun aku lakukan adalah, membawakan bekal suami kerja. Dengan membawa bekal, artinya dia tidak membeli makanan dengan pembungkus yang tiap hari pasti akan bertambah. Dan lebih hemat pula.

Aku belum bisa melakukan hal besar dalam poin ini, tapi paling gak aku sudah konsisten melakukannya.

Semoga bumi tau, betapa aku peduli padanya.


Ketiga: Menanam Pohon 

Disekitar rumahku sejujurnya sulit menemukan lahan tanah untuk bercocok tanam, semua sudah pavingan. Tapi tidak lantas menghalangi cintaku pada bumi dong.


#TeamUpforImpact Akupun menanam pohon pohon kecil dan cantik dipot belakang dapur aku. Selain bisa jadi 'healing' Pohon-pohon yang kita tanam di halaman rumah sekecil apa pun halamannya, sudah pasti sangat berperan untuk menetralisir CO2 di udara sekaligus menyegarkan dan menyehatkan. 



Jadi yuk menanam pohon dan terus tambah koleksi tanaman di halaman rumah.


Keempat Kampanye 

Dan kemudian, yang bisa aku lakukan untuk mencintai bumi adalah terus mengkampanyekan berbagai hal yang bisa lindungi bumi. Memberi contoh nyata pada keponakan, keluarga dan teman teman, bahwa mencintai bumi itu mudah loh. 

kalau kita mencintai bumi, maka bumi juga akan mencintai kita.

Seperti lagu yang lagi happening ini, kalian pecinta alam pasti suka mendengarkannya.

 

Mendengarkan lagu ini terasa diajak ngobrol sama seluruh isi bumi isi hutan. 

Bila kau ada waktu
Lihat aku di sini
Indah lukisan Tuhan
Merintih ingin kau kembali
Beri cintamu lagi
Bila kaujaga aku
Kujaga kau kembali
Berhentilah mengeluh
Ingat, kau yang pegang kendali
Kau yang mampu obati
Sudikah kau kembali?
Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi
(Ah, ha, ha)
Bila kau lelah dengan panasnya hari
Jagalah kami agar sejukmu kembali
Bersatulah, hajar selimut polusi
Ingatlah, hai, wahai kau manusia (wahai kau manusia)
Tuhan menitipkan aku
Ho, di genggam tanganmu (di genggam tanganmu)
Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada
Dengar alam bernyanyi
Dengarkanlah
Bisik mesra
Alam bernyanyi
Bawa canda dan riang tawa
Untuk dunia, oh
Gunakan telinga, hati
Cobalah dengar nyanyian kami, oh-oh-ho
Bayangkanlah hidupmu
Bila tak ada kami
Pandanglah indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (dengarlah alammu bernada)
Dengar alam bernyanyi
Indahnya biru yang menjingga
Simpanlah gawaimu, hirup dunia (dunia)
Sambutlah mesranya bisik angin yang bernada (alam pun bernada)
(Alam pun bernada)
Dengar alam bernyanyi (jangan tunggu lagi, Kawan)
Jangan kau tunggu nanti (jangan tunggu lagi)
Dengar alam bernyanyi
Dengarkanlah
Dengar alam bernyanyi (dengar alam bernyanyi)
Oh, dengar kami bernyanyi

Bagus banget kan lirik musiknya. Aku seneng banget akhirnya ada lagu yang easy listening tentang alam. Yang mudah dimengerti dan ceria musiknya. 

Kalau semangat turun dalam mencintai #UntukmuBumiku  dengerin aja lagu Dengar Alam Bernyanyi di platform musik seperti di Spotify dan  Apple Music karena semakin banyak yang mendengarkan lagu tersebut maka akan semakin banyak royalti yang digunakan untuk perlindungan hutan di Indonesia.

Yuk cintai bumi ini untuk masa depan anak cucu kita kelak.








#UntukmuBumiku #IndonesiaBikinBangga #TeamUpforImpact #DengarAlamBernyanyi #HutanKitaSultan




11 comments:

  1. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu bumi untuk bisa tetep lestari dan nyaman ditinggali. Semoga dengan adanya lagu untuk mencintai alam ini makin banuak jiwa terpanggil untuk bisa menjaga bumi

    ReplyDelete
  2. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk tunjukkan rasa cinta pada bumi. Hal-hal yang sederhana sekali. Tapi kadang banyak yang lupa melakukannya. Hehehe

    ReplyDelete
  3. banyak banget hal yang bisa kita lakuin buat menjaga bumi ini yaa, mulai dari hal hal kecil di rumah, sampe hal hal besar kaya menanam pohon, paling seneng ikut kegiatan menanam pohon bareng komunitas gitu akuuu hihihi

    ReplyDelete
  4. Aku juga mulai menanam tanaman, bervariasi nih ada tanaman toga, bunga dan pohon palem tapi kecil gitu. Tujuannya sih, selain bikin adem rumah, pengin juga mandiri untuk memenuhi pangan satu keluarga. Aku juga udah dengerin lagunyaaa

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah aku #timgayung juga lho Cha. Berkat ga punya shower malah jadi berkontribusi nyata utk hemat air ya.

    Asyik ya lagunya, saat mwndengarkan hati jadi gembira donk... Jadi setel berulang-ulang. Tuh kan ikut berkontribusi pada bumi dengan menyetel lagu ini.

    ReplyDelete
  6. Bumi yang kita tempati saat ini butuh kontribusi bersama untuk menjaga kelestarian nya.
    Aku suka banget sama lagu dengar alam bernyanyi
    Easy listening, liriknya pun begitu bermakna utk selalu menjaga alam ini dgn sebaik-baiknya

    ReplyDelete
  7. Kita masih bisa kok menjadikan bumi ini kembali menghijau.
    Memang harus kolaborasi ya.
    Apalagi mendengarkan alam bernyanyi, seperti sesuatu yang diungkapkan bahwa kita memang kudu jaga alam

    ReplyDelete
  8. Aduhhh duhhh mba Icha makin fresh aja nih hehe. Btw pas denger lagunya itu aku seakan reminder banget yes buat terus jaga bumi. Semoga saja ya makin banyak orang yang aware sama jaga lingkungan biar bumi kita tetap terjaga.

    ReplyDelete
  9. Mencintai bumi memang harus dari hati tulus dan iklas ya... Karena kalau bukan kita lagi yang menjaga dan melestarikan bumi siapa lagi yekan... Karena kita hidup juga berdampingan dengan alam.

    ReplyDelete
  10. Wah aku pingin banget bisa menanam pohon dihalaman rumah, tapi apa daya tak punya lahan yg mumpuni, hiksss btw aku juga suka sama lirik lagunya, candu di dengar.

    ReplyDelete
  11. Mencintai bumi sebenernya mudah dan murah ya harus di mulai dari rumah kita sendiri

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang