Saturday, September 10, 2022

Jadi Nasabah Bijak Bareng Bareng Yuk

Aku punya pengalaman menjengkelkan saat tiba-tiba, akan ambil uang di ATM, uang gak keluar dan saldo terpotong. Mana banyak lagi. Panik dong gue. Apalagi posisi aku lagi di desa banget yang kantor bank cabang itu jauhh banget. Makin panik.

Akhirnya aku DM bahkan komen di akun bank tersebut. Tak lama kemudian banyak akun akun dengan nama bank tersebut DM akan membantu, bahkan ada yang WA dan telpon. Gilakkkkkk gak siiiiiiii.....

Untung kepanikanku tidak membutakanku untuk merespon cepat DM DM akun akun mirip bank tersebut, ataupun wa dan tlp yang masuk. Aku tarik nafas.. dan berusaha mencari solusi. 

Akhirnya aku buka M-Banking bank yang aku miliki ini, aku buka buka adakah fitur pengaduan? aaaa... ternyata ada, dan aku bisa mengadu disini tanpa harus ke kantor bank nya. Dan akhirnya beneran direspon. 

Dan gak lama, saldo aku kembali utuh. Alhamdulillaaaah aku lega dan tarik nafas panjang.


Kita yang sudah mengaku melek dengan teknologi informasi saja, terkadang masih bisa menjadi sasaran penipuan. Bagaimana dengan orang tua kita, saudara saudara kita yang memegang smartphone saja baru baru saja tahun tahun ini. Merek pasti banjir informasi sehingga bingung dan bisa saja mempercayai apapun yang melitas didepan layar smartphonenya.


Dapat sms atau tlp hadiah dari bank langsung percaya ada info dari bank terkait tabungannya langsung percaya. Kan kasian ya..


Nah maka dari itu yuk kenalkan pada saudara saudara kita yang masih minim literasi untuk mengetahui hal hal yang tidak boleh kita berikan pada sembarang orang. Yuk jadi Nasabah Bijak bersama-sama.

Nah, aku dapat tips jitu nih dari Bank BRI untuk mencegah terjadinya penipuan dari penipu penipu jahat saat ini




Pokoknya siappun itu apapun masalahnya, kalau dapat tlp wa sms dari yang ngaku ngaku dari Bank jangan percaya. Kalaupun bank mengubungi kita , biasanya sebuah bank pasti memiliki nomor hotline (call center) . Bank juga selalu membagikan informasi informasi resmi melalui sosial media mereka. 

Jadi catat ya jangan sampai tertipu. Yuk jadi Penyuluh Digital bagi sekitar kita. Seandainya kita menemukan akun palsu Whatsapp atau Telegram yang mengatasnamakan BRI? Yuk kita laporkan ! Jangan sampai orang tua, saudara, dan teman kamu menjadi korbannya, ikuti langkah-langkahnya di s.id/ReportAkunPalsu


Entah sudaah berapa kejadian aku dengar soal penipuan ini. Akupun jadi ingat dulu juga pernah hampir ketipu gara gara panik, lagi lagi...Intinya Bank itu sangat aman jika terjadi masalah jangan panik. 

Jangan percaya jika ada yang ngaku ngaku orang bank. Karena rata rata penipu akan berpura-pura sebagai pegawai bank terkait dan meminta informasi pribadi nasabah untuk mendapatkan akses ke rekening tabungannya.

Solusinya tlp call center bank tersebut saja. 

Ada juga hal penting yang harus kita ketahui. jangan pernah juga memasukkan user ID, password, PIN atau SMS OTP Anda ke dalam tautan (link) yang dikirimkan melalui email, aplikasi chat (seperti WhatsApp) maupun SMS.

Biasanya kan para penipu itu kirim link lewat wa atau sms atau email, mrk dah biki link yang seolah profesional. Nah pokoknya jangan samapi mengiri link link itu.

Setelah kita waspada, kita juga harus turut memberantas penipuan penipuan semacam itu. Caranya?

Memblokir nomor telepon penipu. Kalau ada yang menghubungi lewat nomor tak dikenal dan terkesan mencurigakan, lebih abaikan panggilan tersebut atau mematikan panggilannya. 


Jika nomor telepon tersebut berusaha menghubungi secara berulang kali, sebaiknya langsung blokir nomor telepon tersebut. Meskipun isi panggilan menginformasikan data pribadi atau hal-hal penting lainnya. 


Kalau aku sih biasanya langsung menghubungi pihak bank untuk mengkonfirmasi atas informasi yang barusan aku terima dari nomor tidak dikenal itu. Sebab umumnya pihak bank tidak akan menginformasikan hal-hal rahasia melalui telepon. Biasanya bank akan mengirim email dengan alamat email resmi untuk mengabarkan berita penting kepada nasabahnya.


Begitu gaes.. Yuk jadi Nasabah Bijak Biar Uang gak terkuras. Informasi berharga ini jangan disimpan sendiri tapi juga dibagiakan ke keluarga dan teman teman sekeliling kita.  









#NasabahBijak #NasabahBijakBloggingCompetition #MemberiMaknaIndonesia




1 comments:

  1. Walaupun panik, tetap harus waspada ya... karena kejahatan ada dimana2

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang