Saturday, December 17, 2022

Canggih Banget! First Autonomous Vehicle Kini Ada di Green Office Park, BSD City

Prototipe Mobil tanpa sopir pernah aku lihat di drama korea Start Up. Kalean yang nonton drama ini juga pasti tau kan? Bagaimana mobil bisa berjalan lancar tanpa adanya kendali sopir. bisa berhenti otomatis saat ada sesuatu di depannya. Aku berfikir waww canggih sekali. 

Tapi kini mobil tanpa sopir itu gak hanya cuma hayalan atau hanya bisa kita lihat dalam film film saja. Mobil tanpa sopir bener bener sudah ada bisa kita rasakan secara nyata di Green Office Park, BSD City loh. 

Mau nyobain naik mobil tanpa sopir ini? Sini aku kasih tau caranya. Pertama instal dulu aplikasi OneSmile, lalu isi data diri, kalau sudah tonton videonya dulu baru isi survay. Setelah isi survai akan akan muncul QR Qode yang bisa kita gunakan nanti buat nyobain mobilnya. 


Gampang kan?. Nah sebelum nyobain, aku kasih tau dulu nih, mobil tanpa sopir ini namanya Autonomous Vehicle AV. Mobil canggih ini merupakan inisiatif Sinar Mas Land dan Mitsubishi Corporation dalam mendukung pemerintah untuk melakukan transisi energi menuju energi baru terbarukan (EBT). 

Lalu uji coba AV ini sudah dilakukan di dua lokasi di BSD City. 

Pertama, di Q-Big yang merupakan pusat perbelanjaan dan gaya hidup yang dibangun dengan konsep ramah lingkungan, lengkap dengan material eco-friendly dan fitur bangunan hemat energi. Jadi match banget kan..

Kedua, AV juga diujicobakan di BSD Green Office Park (GOP) sebagai salah satu green initiatives guna mengurangi emisi karbon dioksida. Kawasan ini merupakan sebuah area perkantoran pertama di Indonesia yang telah mendapat sertifikasi Green Mark District dari lembaga internasional BCA (Building and Construction Authority), Singapura. Green Office Park memiliki 4 gedung perkantoran yang juga telah tersertifikasi hijau dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Nah buat kamu yang mau nyobain buruan instal aplikasi onesmile dan isi survainya. karena masyarakat umum bisa nyobain mobil ini sampai tgl 21 December 2022. Karena nanti AV akan dipamerkan di dalam area The Breeze mulai tgl 22 Dec 2022 sampai 04 Jan 2023.



Cara Kerja Autonomous Vehicle

Btw teman teman tau gak sih, kendaraan ini gak pake bahan bakar minyak loh, melainkan menggunakan listrik dan battery pack yang berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Wah mayan banget ya bisa buat jalan jalan puas keliling kota. 

Mobil ini juga lumayan muat banyak loh, karena kapasitas penumpangnya 15 orang. dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri.Yang kapasitas berdiripun ada pegangannya ya gaes nggantung gitu, jadi harus tetap berpegangan agar aman.



Oya caranya bagaimana kok bisa jalan sendiri tapa sopir? Jadi Autonomous Vehicle sudah ini dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi tertanam di dalam mobil. 

Jadi mobil ini akan otomatis mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh manusia (human error). 

Canggih banget kan?!

Dan ternyata aku yang kudet gaes hehehe, karena transportasi cerdas bertenaga listrik ini telah digunakan di berbagai negara maju loh dan kini hadir di BSD City sehingga warga dan masyarakat luas bisa jadi yang pertama untuk mencoba teknologi terkini. 

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang properti, Sinar Mas Land berupaya untuk mengurangi intensitas emisi terhadap luasan area yang dihuni, di mana pada tahun 2021 perusahaan berhasil mengurangi intensitas emisi sebesar 7% dibandingkan di tahun 2020.


Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali

Oya Autonomous Vehicle juga baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali, yang merupakan official side event dari G20, yang diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 Nov 2022

Dalam acara ini juga ditunjukkan berbagai moda transportasi berkonsep green mobility yang sudah ada di Indonesia. Penggunaan kendaraan listrik ini menjadi awal konversi penggunaan kendaraan berbahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan berbahan bakar listrik secara masif. 

Nah, Sinar Mas Land berpartisipasi dalam pameran ini dengan membawa AV, sesuai harapan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada bulan Mei 2022 saat peresmian uji coba AV di BSD City.

Dengan adanya Autonomous Vehicle  Sinarmas land menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah saing dan sudah siap untuk menyongsong ragam alternatif green mobility bagi pembangunan kota pintar yang sustainable di Tanah Air.


Gimana? gak sabar pengen nyobain kaaan... cusss


0 comments:

Post a Comment

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang