Monday, December 12, 2022

Liburan Cara Aku di Kota Minyak Cepu bersama Traveloka

Kalau orang lain pengen jalan jalan ke luar kota, luar daerah, bahkan luar negeri, tapi jujur saja aku sedang tidak ingin kemana mana. Aku hanya ingin traveling jalan jalan menikmati dengan senikmat nikmatnya kota kelahiranku Cepu Jawa Tengah. 


Meski aku lahir di kota Cepu Jawa Tengah ini, tapi aku tumbuh besar di kota kota lain, seperti Rembang, Solo, Jogja hingga Jakarta. Dan baru beberapa bulan lalu aku kembali dan menetap di Cepu. So kalau ditanya tempat wisata di Cepu apa? Aku sedikit mikir... mana yaaa...


Tapi diam diam ternyata ada lho destinasi wisata yang bisa kita nikmati di Cepu Jawa Tengah ini dan belum banyak di ekspos media ataupun para influencer travel. Aku bahkan yang kini sudah tinggal disini pengen punya waktu dan kesempatan me time khusus dengan suami. Bulan madu lagi lagi dan lagi. Bagi aku jujur saja traveling jalan jalan bukanlah seberapa jauh kita melangkah, tapi bersama siapa aku menikmati waktu itu eaaaa iu hehehe...


Ikutin suara hati jalani hidup dengan caramu sendiri gaes #LifeYourWay and me too, gak perlu malu gak jalan jauh, gak perlu minder Ok.

Btw Emang pengen kemana dan ngapain aja me time cuma di daerah sendiri? Oh tentu banyak. 

Berikut Itenarynya:

Hari 1 – Jumat

* 07.00 – Sarapan di Nasi Pecel Pincuk dan aneka masakan khas cepu legendaris depan masjid Jami’ Cepu

* 08.30 - menuju MC Edupark

* 08.35 – Tiba di MC Edupark Cepu

* 08.40 – 11.30 Renang dan eksplor MC Edupark banyak banget yang bisa di eksplor 

* 11.30 - 13.00  – Makan Siang dan Sholat Jumat

* 13.00 – 13.30 Ngopi di Searah Coffee Cepu

* 13.30  – Perjalanan Hotel Grand Mega Resort Cepu

* 14.00  – Chek in hotel 

* 14.00 – 18.00 Menikmati Hotel 

* 18.30 - 21.00 Jalan jalan ke Taman Seribu Lampu dan makan malam di Rawon Pincuk Monalisa

* 21.00 kembali ke hotel

Hari 2 – Sabtu

* 07.00 – Sarapan pagi

* 08.00 – Menuju Hetitage Loco Tour

* 08.10 – Jalan jalan naik kereta keliling dg loco tour 

* 12.00 – 13.00 Makan siang dan sholat

* 13.00  –  14.30 Jalan-jalan di Bravo Swalayan

*  14.30 – Kembali ke hotel

* 15.00 – 17.00 Menikmati siang di grand mega Resort yang sejuk

* 17.00 - 18.00 Belanja di toko roti legendaris SURYA 

* 18.00  – Me time di hotel saja

Hari 3 – Minggu

Baca Juga: 

* 07.00 – Sarapan pagi

* 08.00 – Acara bebas

* 12.00 – Checkout dari hotel


Hotel Grand Mega Resort Cepu.


Ini adalah hotel bintang 4 terbaik di kota Cepu yang pernah aku kunjungin. 

Aku belum pernah nginep sini sih, tapi pernah nemuin temen yang lagi nginep disini. Dan ternyata seperti Hidden Gem di Cepu lho. Begitu masuk langsung adem banget suasanyanya. Apalagi kolam renangnya gak panas, karena samping-sampingnya pohon.

Kamar kamarnya juga suasanyanya kayak dibali dan alam banget gitu. Sumpah masuk sini rasanya enggak kayak di Cepu tapi kayak dimana gitu. Makanya aku pengen banget balik kesini nginep me time bulan madu lagi sama suami.

Untungnya ada Traveloka, order hotel ini via traveloka bisa dapat harga terbaik pokoknya.


MC Edupark Cepu

MC Edupark adalah kepanjangan dari Migas Cepu Education park (MC Edupark) tau gak sih info yang aku dapat lahan ini sebelumnya merupakan lahan kritis yang kemudian dikelola dengan baik oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM MIGAS) dalam rangka Badan Layanan Umum (BLU) dengan tujuan agar lebih bermanfaat bagi masyarakat. 

Dan benar sejak ada wisata ini, masyarakat Cepu gak perlu jauh jauh ke Madiun atau kota kota lain jika ingin main air waterboom atau menikmati wisata lainnya. Selain wisata, kita bisa belajar tentang minyak bumi mulai Hulu sampai Hilir di sini, restonya juga dilengkapi koleksi foto-foto jadul tentang sejarah minyak bumi di cepu.


Ini pas ngajak main keponakan main air renang sampai sore banget sampe udah mo tutup dan tinggal kita hahhahaa saking serunya gak kerasa.


Udah diajak pulang masih maksa foto-foto disini hahhaha.. Saran aku sii kalau ngajak keluarga atau anak anak main ke Edupark enaknya sejak pagi. Biar puas eksplor wisata disini. Karena gak cuma waterboom saja isinya. Tapi ada taman taman, hewan hewan lucu, trampolin dan lain lain. 

Makanya aku pengen balik lagi main kesini berdua aja sama suami menikmati semua wahana dan apa saja yang ada disini tanpa diburu buru dan tampa panggilan anak anak hahahah



Tapi mana tega ya kalau punya anak gak ngajak kesini, ini ada rumah rumah kelinci lucu banget. Dan masih buanyak spot foto foto instagramable disini Huhuhuu... Aaaaa gak sabar pengen pacaran sama suami kesini deh. 


Heritage Loco Tour Cepu

Pengen tau rasanya naik kereta kayu jadul? Mau naik Loco Tour Kereta Drensine, Loco Tour Kereta Ruston atau Loco Tour Kereta Uap “Bahagia” buatan Jerman? Di locotour ini kita bisa puas banget menikmati wisata kereta jaman dahulu, ditambah susana perhutani yang penuh dengan kayu kayu besar dan pohon pohon kayu. 

Meski dekat dengan tempat tinggalku, jujur aku belum pernah benar benar menikmati wisata disini, karena pas kesini pasti pas nganterin keponakan dari jauh kesini. kayak foto dibawah ini.



Heritge Loco Tour yang bertempat di Jalan Sorogo Cepu ini kini menjadi daya tarik wisata kota cepu dan wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Cepu,

Mau tau gak? Sejarah singkat terkait Heritage Loco Tour? Jadi dahulu pada mulanya Heritage Loco Tour ini adalah Bengkel Traksi atau Depo Loco tempat bersemayam Loco-loco tua milik Perhutani yang dibangun sejak tahun 1911, dan jaringan relnya dibangun pada tahun 1915.

Jaringan rel tersebut merupakan salah satu rel tertua di pulau Jawa, Wow! bahkan di Indonesia. Sejak tahun 1915 dibangun jaringan rel kereta api di dalam kawasan hutan jati Cepu dengan panjang mencapai 300 km, dengan lebar sepur1,076 m.

Wah jadi gak cuma wisata aja kan, tapi bisa melihat sejarah juga.


Kuliner Khas Cepu

Nah untuk kuliner aku suka sekali dengan pecel, rawon, asem asem, serabi dan masih banyak lainnya. Tapi keempat menu ini sellau tersedia di titik manapun cepu baik pagi pagi siang sore malam pasti buanyak yang jual.

Yang paling bikin khas dari kuliner di cepu adalah alas daun pisang dan daun jatinya yang bikin makanan tambah suedappp...


Selain makanan berat juga ada makanan yang katanya ringan tapi berat buat aku si hehehe.. makanan ringan khas juga. Pokoknya yang habis merantau dari kota, kalau pulang pasti pengen makan ini, yaitu serabi. 

Kalau serabi di Cepu itu khasnya, ada pilihan selain pake kelapa parut topingnya, bisa juga dengan disiram kuah santan yang gurih. Kalau ibuku kadang suka dibuat sarapan, karena porsinya pas buat ganjal perut hehehe

 


3 Alasan aku ingin liburan dengan menikmati semua itu adalah 

Pertama: Liburan Murah

Ya aku memang sedang menghemat banget budget tapi pengen liburan dengan suasana yang berbeda. Jadi kalau liburan dikota sendiri kan gak perlu ngeluarin duit buat transpot dan lain lain. Paling buat booking hotel aja, itupun enak pake traveloka bisa dapat harganya lebih murah. Pengen liburan yang gak bawa laptop juga gak bawa kamera hehehe. Karena selama ini kalau liburan 80 persennya tetep kerja,

Kedua: Pengen ngenalin Cepu ke para Traveler seluruh Dunia

Kalau disini hei.. di kota minyak yang panas ini ada lho tempat wisata nya yang gak kalah cakep. Spesialnya Heritage loco Tour. Karena dengan semakin banyak wisatawan datang maka harapanku akan semakin diperbaiki fasilitasnya, kotanya dan ditambah wisata wisata lainnya. Dan pemasukan warga sekitarnya pun bisa meningkat.

Di kota lain daerah lain berlomba lomba dalam menjadikan daerahnya ramah wisatawan, nah aku pengen Cepu juga seperti itu. 


Ketiga: Bawa Ibu Liburan

Oya memutuskan tinggal di Cepu ini karena Ibu sudah tua dan sendirian. jadi setelah melalui proses yang cukup panjang alhamdulillah kami bisa pindah ke Cepu dan menemani Ibu. Makanya pengen ajak ibu liburan juga tapi yang gak jauh dan gak melelahnya. 

Tempat wisata dan kuliner dalam itenary aku ini cukup dekat dekat jadi tidak melelahkan perjalanannya.


So Yuk cusss rencanakan liburan di Traveloka

1 comments:

  1. Wah baru tahu dirimu sudah balik ke kampung halaman, semoga berkah dan bahagia yaa...

    ReplyDelete

Silakan komentar

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang