Showing posts with label Broadcast. Show all posts
Showing posts with label Broadcast. Show all posts

Monday, August 1, 2016

Nostalgia Siaran di FriendsRadio.id yang Asik Gile


Begitu mendengar dapat kabar mau diajak siaran di radio, wouw! lonjak-lonjak aku. Bagaimana tidak setelah 1 satun lebih tidak siaran lagi di Radio Komersil, dan kali ini dapat kesempatan di undang di FriendsRadio.id pasti seneng banget lah ya.......

Yups ini adalah pertamakalinya aku siaran bukan sebagai penyiar tapi sebagai *uhuk! bintang tamu *uhuk! ehem... Ini kenapa ya orang keselek apa bu? hahaha saking senengnya malam menuju siaran itu aku sampai-sampai gak bisa tidur. Setiap hari nanyain sama suami, "besok hari apa?" "Berapa hari lagi sih kita ke FriendsRadio.id?"  semacam tidak sabar dan norak hahaha gak bisa di bedakan.

Oya! aku diundang ke FriendsRadio.id ini barengan sama suami aku loh. Iya kita mau sharing bareng di FriendsRadio.id tentang hobi kita ngeBlog dan ngeVlog. Huaaaa.... lagi-lagi menyenangkan tiada tara. Siaran radio dan menulis sudah seperti bagian tak terpisahkan dalam hidupku. Meski aku sudah tidak siaran di radio lagi untung aku masih bisa menulis, sehingga aku tidak benar-benar mati.

Sunday, November 29, 2015

Kisah Di Balik Video Blogging Mantan Penyiar Radio

Beberapa waktu lalu disebuah acara sharing blogger ada seorang kawan yang (sebenarnya dia hebat dan tenar sekali di kalangan blogger tapi sangat ramah dan membumi) bercerita kalau dirinya sangat tertarik belajar membuat video. Tanpa aku tau juga, ternyata dia pernah nonton video-video liputan/reportase buatan aku. Salah satu yang pernah ia tonton adalah Video liputan acara di Klinik Gigi ini



***
Video Blogging Adalah Pelampiasanku
Aku itu blogger, tapi suka sekali bikin video. Buat apa repot-repot bikin video? Emang dibayar? Enggak. Aku bukan artis blogger yang dapat endorse atau job banyak kok. Gak, gak ada yang kenal aku juga kok. Ya, suka-suka aja. Membuat video adalah hobiku, kesukaanku dan wadah buat aku yang selama ini berkali-kali melamar jadi presenter, reporter atau apalah itu tapi selalu ditolak. Membuat video adalah pelampiasan, karena gak ada yang nerima aku, yaudah jadi reporter atau presenter di liputan buatan sendiri aja. Tanpa syarat dan ketentuan hahhaha bebas!

Sunday, May 18, 2014

Ketika Penyiar Matanya Menangis, Suaranya Harus Tetap Tersenyum

Kala itu baru saja opening siaran radio dan tiba-tiba mendapat telpon kalau Bapakku sakit dan masuk rumah sakit itu rasanya bagai disambar petir. Bapakku yang tak pernah menyentuh lantai rumah sakit, tiba-tiba sakit masuk RS. Bayanganku sudah sangat tak terkendali, meski ragaku di dalam studio namun hati dan pikiranku langsung dipenuhi oleh Bapakku.

Derai air mata pun tak tertahankan lagi olehku. Loh?!! lagi siaran kok nangis trus gimana siarannya?? kedengeran dong isak tangisnya??  hehehe itu dia yang mau ku ceritakan disini.

Jadi penyiar bagaimanapun suasana hatinya, bagaimanapun keadaannya tetap harus "smiling voice" suaranya harus tetap tersenyum. Bagaimana caranya tu?

Biasanya yang aku lakukan jika ketika suasana hati buruk, mata berderai air mata dan harus bicara cicit cuit depan mic adalah...

1. Aku usap semua airmata dengan tissue... (siapkan tissu sekotak yaa hahah)
2. 2 menit sebelum on mic (bicara depan mic) tarik nafas panjang
3. Tersenyum depan mic (meskipun mata sembab)
4. Bicaralahhhhh seceria mungkin, seolah tak terjadi apa-apa
5. Fokus memberikan info yang bermanfaat (supaya gak keceplosan curcol kegalauan)



Hahhaa meskipun nanti pas iklan diputar atau lagu diputar, nangis lagi... #Rapopo... Yang penting sudah profesional. Saatnya tugas- tugas, waktunya menangis menangis... 

Sunday, July 8, 2012

Penyiar Adalah Profesi Dan Menghasilkan


Tahun 2009 terakhir saya menulis mengenai pengalaman-pengalaman kegagalan dalam hal usaha meraih keinginan sederhana ku untuk menjadi penyiar, keingininan sederhana yang ternyata tidak mudah.. bahkan amat sulit. saya memang seorang yang munafik, setelah bulan juni 2009 saya merasa sangat trauma mendaftar lowongan kerja sebagai penyiar, bahkan saya ingin meninggalkan dunia radio yang selama ini ku geluti dan ku kejar, karena telah berkali kali gagal..tapi hati tidak bisa..

Saturday, October 15, 2011

Training Broadcasting Radio 3

Alhamdulillah setelah pada tahun 2009 lalu saya pernah mengisi pelatihan radio di Radio Syiar FM MA Ma'arif NU 1 Banyumas, pada tahun 2011 ini saya pun kembali diundang untuk berbagi ilmu lagi mengenai dunia radio yang lebih mendalam selama 2 hari yaitu pada tanggal 1 dan 2 oktober 2011.

Pada pelatihan kali ini saya lebih fokus pada praktek siaran yang mendalam dan bagiamana mengasilkan produksi promo, jingle dan iklan walhasil Alhamdulillah...

sekali lagi tak ada yang membuat saya senang, kecuali melihat mereka bisa senang karena mengerti dan bisa mengasilkan karya radio.

Praktek Siaran Duet

Foto-Foto setelah acara

Training Broadcasting Radio 2



Keberhasilan training radio 1 di banyumas, kemudian saya juga diminta membantu memberikan pelatihan sekaligus pendirian radio komunitas di daerah minomartani yogyakarta. Kalo pada pelatihan kali ini lebih simpel, peserta nya lebih sedikit tetapi lebih sulit dari pelatihan yang pertama. karena mengingat pesertanya adalah mahasiswa mahasiswa dari berbagai universitas di yogyakarta.

Tapi justru ini yang seru, mereka ada yang seumuran dengan saya bahkan lebih tua dari saya. Kegiatan pelatihannya pun hampir sama. mulai mengenalkan dunia radio hingga bagaimana bersiaran. Dan tak ada yang lebih membuat saya bahagia kecuali ketika saya bisa berbagi ilmu saya, meskipun sedikit.

Training Broadcasting Radio 1

Meski pada saya bukanlah penyiar radio komersil, melainkan penyiar dan praktisi radio komunitas RASIDA FM UIN sunan kalijaga Yogyakarta, saya sangat senang sekali diminta untuk berbagi ilmu dan pengalaman saya di bidang radio dalam training broadcasting radio. Training broadcasting radio yang pertama kali adalah di MA Ma'arif NU 1 Kemranjen Banyumas Sabtu 24 dan Minggu 25 Oktober 2009 .

Pada training ini kita tidak hanya memberikan pelatihan tapi juga membantu MA Ma'arif tersebut mendirikan sebuah radio komunitas untuk lingkungannya, MA dan pesantrennya sebagai media belajar, komunikasi dan hiburan bagi mereka. Mulai dari mencari kanal, melatih SDM siswa siswinya mengenai dunia radio, mulai dari bagaimana membuat program, mengelola radio, menjadi penyiar dan membuat produksi radio. dan inilah sekelumit dokomunen ketika saya dan bersama dua rekan saya mengisi pendirian dan training radio selama dua hari, membuat anak anak yang awalnya sama sekali tak tau apa itu radio, membuat mereka tau dunia radio, hingga tau dunia radio, bisa mengelola hingga bisa siaran. sungguh berat tapi asyik lah....


Praktek Produksi promo, jinggle dan iklan dengan Adobe Audition

Penyampaian Materi How to be Announcer

Olah Vokal

Praktek Siaran di depan kawan-kawan

Praktek Siaran juga

Belajar rembugan membuat program siaran radio

Tim Trainer dan guru dari MA Ma'arif NU




Wednesday, June 3, 2009

Gagal Maning...gagal maning....



Tuhan....
aku tidak harus menunggu malam tiba lagi untuk mengetahui apakah aku lolos seleksi di MQ atau tidak....barusan aku buka blog MQ FM, ternyata namaku tidak ada dalam daftar calon penyiar yang lolos.....gue sedih banget...tapi gue musti tabah.....gue pengen..banget tau apa kekurangan gue, apa yang harus aku perbaiki supaya aku benar-benar bisa jadi penyiar......ya tuhan....so apa yang harus aku lakukan......

Harapku besar sekali pada MQ....aku benar-benar ingin menjadi penyiar radio.....

Tuesday, May 26, 2009

Pengalaman Daftar Penyiar di Radio MQ FM



Salam sobat blogger, ada lowongan jadi penyiar lagi di MQ FM pendaftarannya sampei tanggal 15 mei, kali ini richa juga ikutan daftar, kalo aku sih gak pernah nyoba-nyoba daftar…tapi daftar dan niat beneran bisa jadi penyiar….sekian kali gagal setiap kali mendaftrar ke radio, gak akan membuat aku menyerah..aku sangat yakin Allah itu berkuasa dan melihat usahaku.


Tanggal 2 mei aku di sms ma temen repoter radio kalo ada lowongan penyiar di MQ, langsung saat itu juga aku siapin lamaran CV dan berkas-berkas lain, dan langsung tancap ke MQ untuk menyerahkan berkas, tapi eit….ada pengumuman di depan studio syarta-syaratnya, ternyata kurang sample voice, udah…pulang dulu dech……

Friday, May 22, 2009

Pengalaman daftar di UNISi

Udah lumayan lama aku gak update tulisan-tulisan tentang cerita kegagalan-kegagalan dan perjuanganku meraih cita-cita. Loe semua pasti tau bangetkan kalo aku suka banget di dunia broadcast, dan seseorang yang selalu memotifasiku pernah berkata, “kerjakan apa yang kamu sukai” so pasti adalah hal-hal yang aku suka adalah hal yang baik, bukan yang buruk. hehehe….
Aku yakin banget gak ada yang sia-sia dari kegagalan demi kegagalan yang aku lalui selama ini, dan kali ini aku bakalan cerita satu pengalaman lagi dari kegagalanku di UNISI FM bulan april lalu.
Awal bulan maret aku tau ada info lowongan penyiar di UNISI FM seperti biasa aku sangat antusias dan semangat banget, langsung aja aku susun lamaran dan CV dan langsung meluncur ke studio UNISI FM untuk menyerahkan berkas. Awalnya info yang aku dapat tanggal 10 adalah pendaftaran terakhir, so pasti after tanggal 10 aku nunggu-nunggu info dari unisi siapa yang lolos?? Eh… malah ternyata aku ndengerin lagi pendaftaran terakhir tanggal 20….aku tunggu lagi…malah tanggal 30 …eeeeee cuappekdech…..
Udahlah…karena aku kesel banget, aku lupakan bahwa aku pernah daftar ke UNISI FM, meski aku gak munafik sih…sesekali melihat HPku siapa tau ada panggilan dari UNISI FM, yah H2C gitu….

Thursday, March 26, 2009

7th Anniversary RASIDA FM



7th Anniversary RASIDA FM
Euy....lagi pada ngapain nech... ni aku pengen cerita cerita lagi neh... tentang hari jadi yang ke 7 radio komunitasku, ya..meski sebelum acara berlangsung sempat H2C...hehehehehe...tau kan H2C...hahahaha jadul , harap-harap cemas gitu, ya gimana ga H2C ??? acara ulang tahun radio komunitas kami sempat hampir di batalkan oleh dekan fakultas kita.....pada hal kita udah jalin kerjasama dengan banyak pihak sponsor, bahkan mereka juga sudah berikan bantuan kerjasamanya...akhirnya dengan usaha yang keras kita berusaha meluruskan masalah-masalah yang ada, nego-nego dan akhirnya.....sukses dech acara kita.....bahkan Dekan fakultas kita sendiri yang datang menghadiri acara 7th anniversary RASIDA FM dan memotong tumpeng serta menerbangkan ke tujuh balon kita....jarang-jarang lho pak dekan hadir di acara acara macam gini....hore.........

Buat insan muda yang kemarin gak sempat datang di acara 7th anniversary RASIDA FM, reyha bakalan cerita ya lewat tulisan ini ada juga foto-foto acaranya....


Hello friends......13 maret 2009 taukan....hari dimana pengumuman hasil seleksi tahap pertama rekrutment penyiar di GERONIMO di umumkan. Dari pagi gue masih sibuk kuliah dikampus, meski sebenarnya hati ni penasaran banget, ketrima ga ya?? Lolos ga ya??? Ya selayaknya seseorang menunggu sebuah keputusan...saat kuliah jujur gue gak tenang banget, pengene cepet kelar,,,,,cepet ke geronimo liat pengumuman, jadi biar jelas aku lolos atau tidak biar tak harap-harap cemas.....

Ya tuhan...selesai kuliah pun gue gak bisa langsung ke geronimo, karena harus siaran di radio komunitas kampus RASIDA FM, sesaat siaran gue bisa lupakan geronimo....dua jam berlalu tugasku kelar...
Nah....ini waktu yang tepat untuk langsung meluncur ke Geronimo FM untuk melihat pengumuman, dengan langkah penuh harap gue ambil motor yang dari tadi ku pinjam dari teman, lalu tancap menuju geronimo..sesampai geronimo gue parkir motor, cari papan pengumuman dan mencari namaku..........

Tuesday, March 10, 2009

Hidup Butuh Motivasi Kuat

HIDUP BUTUH MOTIVASI YANG BESAR

Sob, ada lowongan penyiar lagi....di Geronimo FM sampe tgl 11 maret 09, gue nyoba lagi gak ya....takutnya suara gue gak cocok ma karakter Geronimo, ah...!!!! kita haarus besarkan hati dan selalu percaya diri ok!!! Sore-sore pergilah gue ke goronimo untuk membeli formulir pendaftarannya seharga 10.000 rupiah, ya... gak makan sehari gak pa pa demi cita-cita....gue bikin VO dan CV kasih dah.....

Tapi friend....sebelum gue kembalikan formulir, gue sempet tunjukin ma temen deket gue yang gue harap bisa kasih gue dukungan dan motivasi, tapi apa yang dia katakan begitu liat formulir gue,” ini beli..??? kok di komersilkan ya, biasanya kalo beli gini yang diterima cuma dua orang, eh tapi ga papa coba aja dulu..” ya meski kata-kata itu sangat ringan bagi dia, tapi sangat menyakitkan dan bener-bener bikin gue down. Sedih...banget friends waktu itu. Gue kecewa, apapun yang dia lakukan selalu gue dukung, gue bantu, gak pernah gue bikin dia kecewa. Tapi kenapa ngiliran gue ......ah.. lupakan!!!

Pengalaman Ngelamar Jadi Penyiar


Ngelamar Jadi Announcer YUUkkk
Sob, gue punya beberapa pengalaman ngelamar jadi Announcer di radio komersil, selama ini udah tiga radio komersir yang gue lamar gak masuk satupun, tapi disetiap nya gue punya pengalaman yang seru banget dan banyak pelajaran yang bisa gue ambil.

Yang pertama kali gue ngelamar adalah di 89,5 radio nine. Pas gue dengerin radio katanya lamaran suruh ngirim ke PO BOX aja, tapi gue penasaran dan pengen datang langsung aja, gue carilah alamatnya di internet kuk gak da webnya yah.....usahaku tak sampai situ aja, gue tanya ama temen-temen penyiar, mereka ngasih gue nomor KPI-D yogya suruh tanya aja pasti tau. Gue telpon lah KPI D jogja tapi setelah gue tanya-tanya, katanya radio itu belum terdaftar, wah tapi kuk ni radio banter banget yah....tapi akhirnya gue tetep kirim aja lamarannya. Gue tunggu berminggu-minggu tak ada follow upnya. Ya udah deh berarti gue tak diterima. Padahal gue dah bikin VO dan CV bagus banget, menurut gue seeehhhh......

Tuesday, October 28, 2008

Penyiar & Reporter

Pendaftaran Penyiar dan Reporter Rasida FM

  1. Pendaftaran tanggal 20-31 Oktober 2008
  2. Syarat pendaftaran

  1. Mahasiswa Fak. Dakwah UIN Sunan Kalijaga
  2. FC KTM
  3. Keceriaan ditas rata-rata
  4. Berwawasan luas dan komunikatif
  5. English Aktif Pasif
  6. Berdedikasi dan mempunyai loyalitas tinggi
  7. Microphonic Voice ( Penyiar )
  8. Siap kerja keras ( Reporter )

  1. Stand pendaftaran
  1. Setiap Hari Senin- Sabtu di Studio Rasida FM Gedung Multipurpose Lt 2 UIN Sunan Kalijaga
  2. Setiap Hari Senin- Jum’at di lobi Fak. Dakwah UIN Sunan Kalijaga

  1. Tes dilaksanakan pada:

Tanggal : 1 November 2008

Tempat : Studio Rasida FM Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga

Fasilitas : Soft drink dan stiker Rasida FM

  1. CP Abe 0857 2943 8635

Recha 0857 2990 5924

Wednesday, October 8, 2008

New Rasida

New!!!!!!!!

107,7 Rasida FM

UIN jogja Radio


Hello Guys…!!!! Ada Kabar baru neh….

Mau tau ?????…..apaan ya….pokoknya nie kabar sangat menggembirakan banget buat insan muda jogja.

Ini… Rasida FM udah pindah channel baru, yang dulu di 107,9 kini beralih ke 107,7 . Tentunya dengan tempat yang baru, peralatan yang lebih canggih dan jaringan yang semakin luas….wow..keren dong…ya iyalah..masa ya iyadong….

Nah kini buat insan muda yang berada di kilon progo, wates, jakal ± Km 7, trus insan muda di piyungan dan sekitar jogja, apalagi yang dekat dengan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sudah bisa mendengarkan Musik-musik dan celotehan penyiar-penyiar Rasida FM.

And…buat insane muda yang belum tau lokasi studio Rasida FM yang baru, kini Rasida Fm yang baru menempati gedung baru di Lantai II Gedung Multipurpose UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Silahkan berkunjung jika punya waktu luang, sekedar berkenalan dengan crew-crew Rasida FM juga ga’ pa pa kok…..

Sementara ini kami tetap siaran meski masih dalam sairan percobaan tapi kamu tetap bisa joint, request lagu, kirim salam dll seperti biasa di line sms 0812 275 100 77. Untuk program-programnya secara resmi kita akan siarkan rutin setelah Lounching New Channel Rasida FM yang baru setelah Iedul Fitri nanti ok!!!! So …ikuti terus kabar terbaru Rasida FM. Dan tunggu acara Lounching 107,7 Rasida FM…..


Well insane muda ….. sementara tu, ini aja kabar dari Rasida FM.

Tetap stay tune di 107,7 Rasida UIN jogja Radio….

Saturday, June 28, 2008

RASIDA FM COMMUNITY

Yuukk......di rasida Gudangnya orang-orang kreatif.....let's join Us.........
Dirasida ini Gue bisa temukan dunia baru yang sangat menyenangkan....
 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang