Showing posts with label Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah. Show all posts
Showing posts with label Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah. Show all posts

Wednesday, March 9, 2016

Asiknya Menginap di Hotel Menumbing Heritage Pangkalpinang


Berwisata menikmati Pesona Pangkalpinang yang begitu luas dan indah ini rasanya memang tak ada lelahnya. Tapi badan tak bisa berbohong saat hari sudah gelap dan aktifitas seharian berhenti maka lelah itu baru terasa. Tapi, semua itu akan hilang jika kita memilih tempat untuk beristirahat dengan tepat.

Hotel menjadi tempat tujuan wisatawan untuk beristirahat. Dan saat di Pangkalpinang dan menikmati Pesona Pangkalpinang aku dan teman-teman beristirahat di Hotel Menumbing Heritage. Hotel berdesain eropa ini sangat nyaman dan ramah pelayanannya. Menumbing Heritage memliki desain yang unik. Keunikan ini  memberikan kesan tersendiri dan tidak aku temui di hotel-hotel lainnya.

Begitu tiba di Hotel Menumbing Heritage ini aku langsung merebahkan badan pada kasur empuknya yang mampu menyerap lelahku seharian menjelajah Pangkalpinang.

Disitu aku merasa dunia hanya milikku sendiri eaaaa...
Ah pokoknya lelahnya berasa rontok disini.


Lalu setelah aku merasa cukup merebahkan diri diatas kasur dan menghilangkan lelah meski hanya barang lima menit aku sudah merasa baikan. Kemudian aku langsung menuju kamar mandi yang juga bisa menjadi tempat relaksasi tersendiri.


Peralatan mandi yang lengkap dari hotel benar-benar menolong saat aku malas membongkar koper hanya untuk mencari alat mandiku. Wokelah... air hangat dan air dingn di kamar mandi ini siap menjadi pilihan setiap pengunjung yang ingin mandi. Aku sih tipe orang suka dingin jadi ya pake air dingin saja. Siraman air dingin dari shower inilah yang kemudian membersihkan tuntas lelah-lelahku selama seharian.


Di Hotel Menumbing Heritage ini juga punya kolam renang yang asik banget. Kalau masuk ke area kolam renang ini etah mengapa aku jadi berasa dimanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa gitu hehehe seperti bukan di Indonesia tapi di Eropa. Tapi ini adalah Indonesia. Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung.

Setelah membuang lelah dikamar, aku mulai terasa lapar. Dan Hotel Menumbing Heritage ini punya tempat makan atau restoran yang kece badai. Yup ala-ala eropa gitu. Namun pilihan makanannya Indonesia banget. Disini aku merasa seperti berada di rumah. Menunya ada Nasi Goreng, Sambel goreng kentang, Lontong Sayur, ayam bakar. Yang mau saraban kebarat-baratan juga ada aneka sarapan roti. Unik kan.

Setelah menikmati Hotel Menumbing, yang menjadi hotel malam terakhir kami di Pangkalpinang, kami sempatkan untuk membuat video testimoni teman-teman kelas blogger saat berkunjung ke Pangkalpinang. Dan kami memilih Hotel Menumbing Heritage yang cakep ini yang menjadi lokasi sutingnya eaaaa...

Mau tau seperti apa?



Tuesday, March 8, 2016

GOWES ASMARA Bersama Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah


GOWES ASMARA???! Nyentrik sekali namanya?? Ini gowes buat yang sedang kasmaran gitu? hahhaha.. Banyak sekali pertanyaan saat aku mendengar kata Gowes Asmara. Bukan Guys... Gowes asmara disini bukan berarti untuk yang pada kasmaran hehehe. Gowes Asmara disini adalah kepanjangan dari Gowes ASPIRASI MASYARAKAT.

Yups... Walikota Pangkalpinang, Muhammad Irwansyah punya cara unik dan nyentrik untuk membangun kota Pangkalpinang semakin maju dan baik. Salah satunya melalui Gowes Asmara yang dilakukan setiap satu minggu sekali.

Sejarahnya....
Dulu banyak sekali suka bersepeda, tapi tidak terkoordinir. Nah kebetulan Walikota termuda di Indonesia ini, Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah punya hobi olahraga juga seperti bersepeda. Maka dibuatlah jadwal Gowes Asmara bersama-sama. Siapapun boleh ikut baik pegawai walikota Pangkalpinang dari semua lapisan.

Karena judulnya Gowes Asmara, Aspirasi masyarakat. Maka gowes ini bukan gowes biasanya. Setiap aktivitas gowes asmara ada misinya. Yaitu memantau sejauh mana pembangunan di setiap bagian di kota Pangkalpinang. Ya kalau bahasa bekennya blusukan. Tapi kalau ini mah, sehat olah raga bersepeda rame-rame semua lapisan masyarakat sambil ngobrol dan berdialog santai dengan masyarakat setempat.  Keren dah pokoknya.

Well.....
Hari minggu (28/2) aku dan teman-teman kelas blogger berkesempatan mengikuti agenda rutin Walikota Pangkalpinang Gowes Asmara ini. Dari hotel kami berangkat jelang subuh menuju rumah dinas Walikota Pangkalpinang. 


Semua yang akan bersepeda sudah siap berkumpul di rumah dinas walikota Pangkalpinan. Kami pun dipinjamin sepeda oleh Walikota Pangkalpinang. 

Dan aku pilih sepeda putih ini. Ada bapak-bapak yang membantu kami cek-cek sepeda. Apakah rem sudah benar, gigi sepeda sudah benar dan jok sepeda sudah pas? dan aku, so pasti jok sepedanya maunya diturunin sampai pendek. Tapi tetep aja sependek-pendeknya masih tinggi hehehe.

Selama perjalanan bersepeda, aku menikmati udara segar kota pangkalpinang. Jalan raya yang halus dan teman-teman serta masyarakat Pangkalpinang yang ramah. Bahkan saat menaiki tanjakan aku merasa berat lalu bapak-bapak memberiku bantuan dan mengajari mengoperasikan sepeda agar terasa ringan saat tanjakan dan terasa ringan juga saat di jalan datar.

Kami melewati rute pantai pasir padi yang wow ternyata keren banget. Setelah menempuh perjalanan yang lumayan membuat keringat kami keluar. Walikota Pankalpinang Muhammad Irwansyah mengajak kami sarapan di pinggir pantai dengan berbagai hidangan khas Pangkalpinang.

Mau tau keseruan Gowes Asmara kami? lihat videonya disini yah



Monday, March 7, 2016

Keindahan Pantai Marina Bay

Sungguh rasanya menyesal sekali tiba di pantai Marina Bay ini sudah sore menjelang matahari tenggelam. Karena pantai Marina Bay yang indah ini terdapat jembatan menuju ketengah laut. Ketika kita berjalan dan berdiri di jembatan itu, percayalah kamu bakal semakin memuja yang maha kuasa atas ciptaannya yang begitu indah ini.


Kita juga bisa merasakan angin lembut yang menyentuh pipi kita. mendengar ombak laut yang indah sungguh pantai, laut yang penuh candu. Mereka laki-laki ganteng diatas adalah teman-teman aku yang gagal di catwalk fashion show kwkwkkwkw dan mimpi mereka menjadi model yang berjalan diatas catwalk terkabul di pantai marina bay.

Ahaiiii.....mau bikin foto AfterWedding disini juga kece badai. Pokoknya pantai dan keindahannya candu sekali.

Pantai ini cukup luas. Sekali lagi sayang aku tak punya waktu banyak saat singgah di Pantai Marina Bay. Banyak sekali batu-batu granit dengan karakter yang berbeda-beda. Pantai dengan cuaca dan suasana yang masih sejuk dan segar ini akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menikmati kawasan pantaiMarina Bay.

Benar-benar candu. Pesona Pangkalpinang, pesona alam yang indah ini, air yang biru berpadu pasir putih dilengkapi batu granit membuat pantai Marina Bay ini ini tidak kalah dengan pesona pantai di luar negeri seperti Florida dan lain-lain. Indonesia benar-benar cantik.


Sunday, March 6, 2016

Kesegaran Kuliner Seafood Khas Pangkalpinang

Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan hasil lautnya yang melimpah. Tak heran banyak makanan-makan seafood disini. Bahkan snack dan hidangan lainya selalu ada unsur ikannya. Seperti MIE KOBA yang saya ceritakan disini. Sekilas itu MIE biasa, tapi ternyata kuahnya lezat sekali karena terbuat dari kaldu ikan tenggiri. 


Makanan seafood yang kami coba di Pangkalpinang sungguh beda. Seafood di daerah Pangkalpinang ini segar sekali dan mantep-mantep. Mau kepiting juga kepitingnya gede, dagingnnya banyak, dagingnya segar apalagi kuahnya bikin nagih dan ngabisin nasi. Seperti dedengkot kelompok kami saat jalan-jalan menelusuri pesona pangkalpinang ini mampu menghabiskan nasi 3 piring. wuahahhaha.....

Ikan Tenggiri yang hanya diasappun tak kalah lezatnya. Meski sudah menikmati makanan lain dan kenyang. Rasanya nyuil-nyuil ikan asap ini sambil dicemil juga menjadi sensasi keleatan sendiri. Beuh gak ada habisnya ya. Udah kenyang menu ikan di sini selalu memanggil-manggil.



Emmm... ini satu lagi jenis masakan seafood dari sekian banyak. Lempah kuning, makanan seger ini terbuat dari terasi belacan, cabai rawit dan garam. So simple ya. Lempah kuning menjadi identitas masakan khas Pangkalpinang dan Kepulauan Belitung. Lempah kuning menjadi masakan andalan yang selalu ada dan selalu dihidangkan saat tamu datang.

Rasanya?? Jangan tanya. Rasain sendiri dan kamu bakal pengen bikin dirumah.



 

Saturday, March 5, 2016

Musium Timah Terbesar di Asia Ada di Muntok Bangka Barat


Selain pantai, Kota Bangka juga terkenal sebagai kota penghasil timah. Tambang timah di Kota Bangka yang sudah menjadi komoditas identitas. Seperti yang pernah kita lihat di film Laskar pelangi


Wisata sejarah sekilas memang tampak menjenuhkan kalau kita hanya melihat dengan mata kepala saja. Tapi, akan berbeda jika memiliki antusias ingin mengetahui sejarah di balik tempat wisata tersebut. Seperti Musium Timah yang terletak di Di Jalan Jenderal Soedirman, Muntok, Bangka Barat ini.


Aku tak menyangka, bahwa Musium Timah ini merupakan musium Timah terbesar yang ada di Asia bahkan dunia. Musium timah juga hanya ada di Bangka. Yaitu di Muntok dan Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung.


Nah, pada kesempatan kali ini aku berkesempatan mengunjungi yang ada di Muntok. Musium Timah yang berada disini lebih banyak bercerita tentang peleburan timah dan logam. Di Musium Timah yang dulunya dulunya adalah kantor pusat Banka Tin Winning Bedjriff milik Pemerintah Belanda (HOOFDBUREAU BANKATINWINNING), aku bisa mengetahui banyak tentang timah. Jenih timah dan berbagai olahan timah.


Musium ini terdiri dari dua lantai. Lantai satu terdiri dari berbagai macam galeri pertimahan. Sedangkan, lantai dua diisi dengan ruangan perpustakaan, kantor, auditorium dan lain-lain.

Friday, March 4, 2016

Menelusuri Kisah Pesanggrahan Bung Karno di Bukit Menumbing



Setelah makan Mie Koba Mie Khas Bangka Tengah, aku dan teman-teman mulai perjalanan menuju ke wisata sejarah Pesanggrahan Bung Karno. Dari tempat makan Mie Koba Kab. Bangka Tengah kami menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.

Wow… berasa jadi pembalap MotoGP. Jalannya yang alus tanpa geronjalan dan gak terlalu rame membuat mobil kami melaju cukup kencang. Jalanan yang sedikit bergelombang dan berkelok membuat sensasi perjalanan semakin seru. Dalam hati berdoa agar selamat tapi mulut teriak-teriak menikmati lengangnya jalanan ini.

Mendekati lokasi Bukit Menumbing, jalanan semakin menanjak semakin sempit dan semakit banyak pepohonan. Waaaaahhh dalam hati, ini kita menuju tempat Bung Karno? Kebayang ya jaman dulu gimana.

Ular Misterius

Begitu sampai di Pesanggrahan Bung Karno aku turun dari mobil. Aku turun tepat dekat pohon yang ada di depan pintu masuk. Lalu seseorang meneriakiku… “Awaass!!! Awaaas!! Hati-hati ada ular..” Wah benar.
Baru turun dari mobil kami sudah mendapatkan cerita tentang ular ini. Konon katanya Ular ini sudah mendiami pohon cemara ini sejak dahulu kala. Entah dari mana datangnya tak ada yang tau. Bahkan kabarnya pohonnya sudah berkali-kali diganti tetapi ularnya tetap yang sama.

Ular ini kira-kira panjangnya satu meter selebar ibu jari kaki orang dewasa hijau, hitam, dan kuning. Hampir tak terlihat karena mirip daun pohon yang didiaminya. Dan entah mengapa aku begitu penasaran dengan ular ini. Tentang kisahnya, benar atau hanya fiktif belaka.

Berhalangan Dilarang Masuk Kamar Bung Karno
Begitu kami masuk, resepsionis memberikan penjelasan tentang tata krama memasuki setiap ruangan pesanggrahan Bung Karno.

Kita boleh masuk ke setiap ruangan. Tapi tidak boleh berisik atau rame, harus santun. Dan khusus yang berhalangan atau sedang datang bulan dilarang masuk ke kamar pribadi Bung Karno. Hmmm… entah apa alasannya aku sendiri tidak tau. Tapi nampaknya hanya sebagai sikap menghormati dan menghargai karena tempat ini cukup dikeramatkan.


Bahkan salah satu teman aku, merasakan ada rasa gimana gitu waktu memasuki kamar Bung Karno. Tapi aku tidak merasakan apa apa. Apa karena aku kurang peka ya hahhaa mungkin. 

Peninggalan Kisah Bung Karno
Di ruang tengah perhatianku tertuju pada satu foto dengan surat tulisan Bung Karno untuk istrinya (mungkin).


Dan beberapa catatan cerita sejarah yang ada di pesanggrahan bung karno. Mulai dari sejarah pembangunan pesanggrahan Bung Karno. Foto-foto para tokoh yang pernah diasingkah disana.Banyak juga peninggalan berupa foto, surat, silsilah yang di pajang di sini dengan seadanya. Hanya di laminating dan di tempel seadanya.

Perjalanan hari pertamaku di Bangka bisa di lihat melalui video singkat ini.


 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang