Thursday, April 19, 2018

Begini Cara Bersedekah yang Tepat Sharing Happiness 3.0

Tak terasa ramadhan sebentar lagi. Umat muslim di seluruh dunia menyambut dengan sangat bahagia. Bagaimana tidak bulan ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan dan Allah melipat gandakan seluruh amal baik kita. Maka tak heran jika di Bulan ramadhan umat muslim lebih lebih bersemangat dibanding hari-hari biasa.

Salah satu pintu yang dibuka oleh Allah untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadhan adalah melalui sedekah.


إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)


Kepada Siapa Dahulu Kita Memberikan Sedekah?
Cobaan terbesar dalam sedekah adalah bagaimana tangan kanan kita memberi tapi tangan kiri kita tak melihat. Terkadang kita ingin dilihat oleh orang bangga jika bisa bersedekah, padahal ada orang-orang dekat kita yang membutuhkan sedekah atau bantuan kita.

Nah, agar amalan sedekah kita benar-benar tepat sasaran kepada siapa kita akan berikan? Allah SWT telah menjelaskan sejelas-jelasnya di dalam Al Qur'an Surat Al-Baqarah Ayat 215



يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan". Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. 

Itu dia gaes sudah sangat jelas ya Allah menjelaskan melalui Al quran bahwa pertama kita memberikan sedekah adalah kepada kedua orangtua. bisa kepada Mertua juga. Kepada Isteri dan Anak-anak. Kepada kerabat, seperti saudara kandung, Paman dan Bibi (baik dari pihak Bapak kita atau dari pihak Ibu kita ), keponakan, dan ipar.

Baru setelah itu kepada anak-anak yatim. Kita bisa melihat disekitar kita, bila tidak ada lihat di kampung sebelah. Lalu kepada orang-orang miskin. Masakin/dhuafa/dll  kita juga harus melihat-lihat disekitar kita, bila tidak ada lihat di kampung sebelah.

Kepada orang-orang yang kehabisan ongkos dijalan teman seperjalanan yang sedang bejihad, atau seperjalanan dalam melakukan perjalanan.


Baru setelah keluarga dekat kita bisa berikan kepada tetangga dekat. Prioritaskan Ustad/Guru Ngaji Masjid,  Masakin/dhuafa, tetangga Jauh, dan orang-orang yang bekerja dengan kita seperti pembantu, supir, dan lain-lain.

Jika semua itu sudah terpenuhi sedekah kita kepada mereka yang tidak mampu keluarga terdekat kita, maka baru kita berikan sedekah kita kepada yang membutuhkan. Bagaimana mencari orang yang membutuhkan kita? sedangkan orang-orang terdekat kita lingkungan kita berada di lingkungan yang mampu semua?

Wednesday, April 18, 2018

Piscok Skippy Chocolate Stripe Camilan Cepat Mudah dan Lezat


Sejak tinggal di rumah sendiri berdua dengan suami, aku mulai jarang mengurangi aktifitas di luar. Aku lebih banyak di rumah, suka aja gitu masak dan melalukan banyak hal dari rumah.
 
Apalagi suami aku bukan perokok jadi dia doyan banget makan dan jajanan. Kalau suami di rumah beuhh dapur mengepul terus pokoknya. Parahnya dia lebih suka aku yang bikin dari pada beli. So aku musti kreatif dalam membuat makanan, camilan dan minuman supaya dia gak bosan.
 
Ya meskipun pagi-pagi bangun kedubrakan masak, beres beres suami pergi lalu lanjut kerjaan rumah, masak-masak di beresin eh gak lama suami dah pulang, berantakan lagi. Aku sangat menikmati itu.

Nah, kali ini aku mau sharing tentang salah satu resep camilan andalanku yang paling disukai suami plus keponakan kalau lagi main. 

Tadaaaaaa Piscok Skippy Chocolate Stripe Peanut Butter. Resep dan cara bikinnya super gampang dan hasilnya gak akan pernah gagal. Hahaha makanya jadi andalan.

Silahkan di klik https://www.youtube.com/watch?v=VDudstQ9t-w atau lihat video IG dibawah ini yah



Sunday, April 15, 2018

Semangatnya Olahraga di Allianz Sweat Challenge Ecopark Ancol

Bapak mertua saya dulu penderita diabetes dan darah tinggi. Sering rematik dan penyakit lainnya. Berbagai pengobatan telah di coba dari medis sampai pengobatan tradisional. Tapi ajaibnya hanya olahraga pagi rutin jogging setiap hari di ancol yang membuat beliau kembali sehat dan normal semua. Sampai saat ini. 

Di kawasan Jakarta, selain menjadi tempat wisata, Ancol memang menjadi lokasi luas yang sangat asri dan nyaman untuk berolahraga dipagi hari. Udaranya sejuk dan sangat nyaman untuk berolahraga dan jauh dari polusi kendaraan. Maka gak heran kalau banyak orang pagi-pagi olahraga di ancol terutama saat hari sabtu dan minggu.

Tapi sekarang aku tau kalau di Ancol ada satu lokasi yang paling asik dan cocok banget buat olahraga bersama sama. Namanya Allianz Ecopark. Kawasan sejuk yang memang di peruntukkan untuk berolahraga dan menikmati alam. 

Selain nyaman dan cocok berolahraga di kawasan Allianz Ecipark ini kita juga bisa berbelanja di pasar seni, mengajak anak mengetahui seluk beluk tanaman di eco farm dan banyak lagi hal bermanfaat buat keluarga yang ingin hidup lebih sehat.

Nah, sabtu lalu aku menyempatkan diri bersama teman-teman buat olahraga ke Allianz ecopark Ancol. Kebetulan pas jadwal nya ABC DRILLS TRAINING AND RUNNING FORM FOR RUNNERS with Paulus Pasurnay.


Oya gaes ternyata di Allianz Sweat Challange ini selalu dipandu oleh trainer yang profesional dan berpengalaman loh. Tanpa kita harus ngeluarin duit sepeserpun kita bisa latihan langsung dengan ahlinya, beruntung banget kan yah. 

Kayak sabtu kemarin aku beeruntung banget bisa ketemu Paulus Pasurnay. Beliau di usia 77 tahun masih sangat bugar semangat dan sehat. Paulus memberikan pengetahuan tentang jantung, bagaimana kita harus bisa mengukur kekuatan jantung kita sebelum memulai olahraga termasuk lari.

Popo Paulus juga melatih kita dengan sangat sabar, mulai dari pemanasan sebelum memulai latihan lari. Lanjut lari kecil step kanan step kiri, lari maju mundur, lompat lari lompat lari sampai berkelompok lari estafet.

Ah.. pokoknya dari latihan bersama popo Paulus ini, aku jadi tau bagaimana sebaiknya memulai olahraga lari tekniknya sampai latihannya bagaimana. Ilmunya sangat sederhana, mudah diingat dan sangat mudah bisa dipraktekkan sendiri di rumah. 

 

The Journey of Life Template by Ipietoon Cute Blog Design and Bukit Gambang